Bagi kamu yang memiliki website atau blog kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Search Engine Optimization. Ada dua tipe dari strategi penerapan Search Engine Optomization (SEO) ini, yaitu adalah SEO on-page dan SEO off-page. Kali ini Livin Up Indonesia akan membahas SEO on-page secara lebih mendetail dan menjelaskan cara optimasi strategi ini.
Apa itu SEO on-page?
Secara mendasar, strategi ini meliputi seluruh komponen yang ada pada website anda. Jika anda pernah mendengar beberapa pakar SEO yang menyebutkan SEO friendly, nah metode inilah yang diterapkan pada SEO on-page, dengan kata lain jika websitemu sudah SEO friendly maka kamu akan mampu mengalahkan kompetitormu. Hal ini merupakan saran dasar dari Google (re: mesin pencari) untuk memudahkan algoritma dalam mengenal sebuah website.
Pembuatan konten yang unik, original, memiliki kualitas yang baik maka secara berjalannya waktu websitemu akan mudah terbaca oleh algoritma dari mesin pencari. Lalu apasaja detail yang perlu dimaksimalkan dalam strategi ini?
Faktor yang mempengaruhi SEO on-page?
Berikut Faktor dan komponen SEO on-page yang akan mempengaruhi dan perlu dimaksimalkan:
- Website yang crawable – Artinya, website harus dapat di crawling oleh robot dan algoritma Google/browser lain.
- Struktur website– Website haruslah mempunyai struktur halaman yang rapih dan jelas.
- Gunakan Heading dan Sub Heading – Kegunaan heading dan subheading menjadi pemecah bagian poin penting dalam satu halaman.
- Kualitas link eksternal – website perlu menyematkan link dari situs dengan kualitas tinggi.
- Internal Link – Link dalam satu halaman harus terhubung ke halaman lain dalam satu website.
- External Link – Menjadikan website lain sebagai rujukan dengan reputasi yang baik yang sesuai dengan website anda.
- Site speed website – Loading singkat pada tiap halaman website harus benar-benar diperhatikan.
- Mobile Friendly – halaman situs dapat dirender dan diakses dengan sempurna di semua jenis perangkat dan mesin pencari.
- Menggunakan HTTPS – kemanan situs terjamin, kamu bias menggunakan SSL yang kredibel.
- URL User-friendly – URL simple dan UX-friendly.
- Focus target konten jelas – Tiap laman website harus memiliki konten dengan target telusur tertentu.
- Optimasi Keyword – Penggunaan focus keyword relevan pada tiap halaman pada 100 kata pertama di website.
- Mengoptimasi gambar – Gambar pada tiap post perlu dioptimasi
- Readibility konten & UX – Pengoptimalan teks pada tiap kontennya. (Agar lebih gampang dibaca oleh audiens).
- CTR (Rasio klik per-tayang) – Bagian judul dan meta deskripsi yang dioptimasi.
Beberapa faktor yang kami tuliskan ini sangat mempengaruhi websitemu dalam pencarian organic dan memudahkan mesin pencari untuk membaca websitemu.
Begini Penjelasannya.
Website yang crawable
Aksesbilitas pada website merupakan dasar dari SEO. Mesin pencari akan melakukan index dan crawling kedalam basis data mereka, dan menampilkan hasil yang akan dicari oleh pengguna. Langkah yang paling tepat dan mudah adalah dengan mendaftarkan websitemu pada Google Search Console.
Struktur website
Struktur website harus kamu pikirkan saat pertama kali kamu membuat website. Karena hal inilah yang akan mempengaruhi mesin pencari membaca websitemu halaman per halaman. Pengguna juga akan lebih mudah menemukan alur dari satu halaman ke halaman lain. Jadi jangan lupa juga untuk mengatur breadcumb pada setiap halaman di websitemu. Ibarat kamu membuat suatu jalan, tanpa petunjuk yang jelas maka pengguna jalan tersebut akan mudah tersesat. Oleh karena itu buatlah peta situs (sitemap) yang jelas dan sederhana untuk mudah dimengerti oleh mesin pencari atau pengguna.
Heading dan Subheading
Kemudahan alur dalam setiap pengguna membaca konten adalah poin yang perlu anda pahami. Buatlah struktur konten dalam satu halaman menggunakan Heading dan Subheading. Ibarat menulis cerita saat liburan sekolah, hal ini berfungsi untuk memberikan pengalaman membaca yang tidak membingungkan kepada pengunjung websitemu. Dengan menggunakan Heading dan Subheading pengunjung akan lebih mudah menemukan poin yang mereka ingin cari, dan pada sisi mesin pencari ini akan memudahkan website anda dipahami oleh engine bot dalam melakukan crawling.
Link Eksternal
Link Eksternal atau biasa kami sebut outbond link perlu kamu lakukan setidaknya satu link dari websitemu ke website lain yang relevan. Namun yang perlu digaris bawahi adalah jangan asal memilih website! Karena hal ini akan membuat ranking pada mesin pencari turun drastis bahkan hilang di mesin pencari. Dengan menyisipkan satu link yang sesuai dengan konten yang kamu buat, ini akan membuat reputasi websitmu naik, poin penting yang perlu kamu liat adalah sesuaikan konten pada website lain sesuai dengan konten yang kamu buat.
Internal Link
Secara mudahnya ini adalah promosi di dalam halaman atau websitemu sendiri. Saat kamu membuat konten pada halaman websitemu, sisipkan satu link yang mengarah ke halaman lain yang ada di websitemu. Hal ini ditujukan pada mesin pencari untuk memudahkan dalam memahami konteks hubungan antar halaman ke halaman yang lain.
Site Speed Website
Kecepatan loading pada website menjadi faktor lain dalaman SEO on-page. Kamu harus jeli saat memilih hosting untuk domain websitemu, tetapi kamu tidak perlu khawatir. Layanan hosting di Indonesia saat ini sudah memiliki kecepatan yang cukup baik. Jangan lupakan soal media yang kamu upload, media atau gambar dengan kapasitas yang besar akan membuat loading speed pada websitemu mengalami perlambatan, lakukan kompresi terlebih dahulu saat kamu akan memasukan sebuah media. Satu hal lagi yang perlu kamu perhatian adalah cache, caching akan memastikan bahwa websitemu bisa menjadi lebih cepat.
Mobile Friendly
Membuat website mobile friendly pada awalnya akan membuat kamu sedikit pusing. Tetapi hal ini perlu diterapkan juga, mobile friendly adalah dimana websitemu dapat diakses dimanapun dan menggunakan mesin pencari apapun. Memilih tema yang responsive menjadi salah satu cara untuk menjadikan websitemu mobile friendly.
Menggunakan HTTPS
Google yang saat ini menjadi mesin pencari terbesar di dunia telah mengumumkan pada tahun 2014 bahwa, HTTPS telah menjadi sinyal peringkat yang aman. Jika saat ini websitemu masih menggunakan HTTP sangat tidak disarankan. Saat ini sudah banyak penyedia hosting menyertakan SSL pada paket hosting mereka untuk membuat websitemu dari HTTP menjadi HTTPS. SSL ada sertifikat yang dikeluarkan untuk membuat websitemu aman.
URL User-friendly
Apa itu URL User-friendly? URL atau Uniform Resource Locator ini menjadi tujuan ketika pengguna mengkases halaman pada websitemu. Jadi usahakan buatlah sesimpel mungkin, jangan terlalu panjang dan hilangkan karakter yang membuat susah pengguna saat ingin menyalin url pada websitemu.
Target Konten Jelas
Pastikan juga setiap halaman dan konten yang akan kamu buat memiliki poin inti. Carilah kata kunci atau keyword yang jelas dan optimalkan kata kunci tersebut pada kolom pencarian. Lakukan hal yang sekiranya akan menjadi pemikiran orang lain saat mencari suatu topik, sertakan judul yang jelas dan tidak bertele tele.
Optimasi Keyword
Penilitian kata kunci sebelum kamu membuat suatu halaman perlu dilakukan. Kata kunci akan mengarahkan pemikirian pengguna terhadap apa yang kamu tulis. Berdasarkan hal ini akan memudahkan anda dalam membuat suatu konten, jadi sebisa mungkin lakukanlah optimasi keyword sebelum anda memulai menulisa dan hal ini juga yang akan menjadikan sempurna pada mesin pencari.
Optimasi Gambar
Menyambung pada point page speed diatas, optimasi setiap gambar perlu juga kamu lakukan. Gambar dengan kapasitas besar akan mempengaruhi hasil pencarian pada websitemu. Lakukan penulisan pada meta gambar untuk lebih mudah dicari oleh pengguna. Berikan meta yang terarah sesuai dengan gambar yang kamu upload, contoh jika kamu memilih gambar produk make up maka tuliskan make up, jangan buat yang lainnya.
Readibility Konten & UX
Hal ini akan mempengaruhi pengguna saat membaca konten yang ada. Kriteria pada konten akan memberikan kualitas yang baik pada mesin pencari jika anda mampu mengkondisikannya. Panjang konten dalam satu halaman perlu anda perhatikan, jangan buat terlau pendek atau bahkan terlalu panjang. Buatlah sesimpel mungkin dengan teks yang mudah dipahami oleh pengguna.
CTR (Rasio klik per-tayang)
CTR atau Click To Ration adalah rasio pengukuran pengguna melakukan klik pada ringkasan yang di tampilkan di SERP. Maka dengan kata lain semakin menarik meta deskripsi yang anda tuliskan maka akan semakin memperbanyak pengguna ingin membuka halaman websitemu, tidak hanya itu, mesin pencari akan lebih mudah juga melakukan crawling jika meta deskripsi yang kamu tuliskan sesuai dengan isi konten yang ada di dalamnya. Jadi fokuskan pada kata kunci dan jangan buat terlalu panjang.
Lalu kapan SEO on-page perlu diterapkan?
Strategi ini perlu diterapkan saat anda ingin membuat website, sama halnya ketika kami mengerjakan website klien kami. Setiap langkah dalam pembuatan halaman harus diterapkan poin-per-poin. Pengoptimalan setiap halaman dengan metode ini akan terus berlanjut dan perlu di maintain sesering mungkin, jadi apapun yang kamu lakukan pada websitemu saat itu harus di optimalisasi. Termaksud saat kamu mengupload artikel bahkan gambar sekalipun.
Jadi hal ini tidak akan ada akhirnya, meskipun anda sudah mencapai peringkat #1 di halaman mesin pencari dan kamu menghentikan optimalisasi strategi ini pada websitemu, maka competitor akan dengan mudah melakukan akuisisi peringkat di mesin pencari.
Kesimpulan SEO On Page
Melakukan optimasi dengan strategi ini adalah solusi yang layak anda coba, karena ini merupakan strategi organic atau gratis. Dengan menerapkan setiap tahapannya ditambah dengan ide dan gagasan baru setiap halaman itu akan menjadi lebih dari cukup.
Ditambah lagi saat ini banyak jasa yang menawarkan pengoptimalisasi website yang SEO friendly, salah satunya Livin Up Indonesia yang memiliki jasa kelola website. Hal ini akan membuat kamu melakukan efisiensi dari segi budget dan penerapan strategi yang maksimal.